TIPS MEMBELI RAK MINIMARKET

Rak Minimarket yang bagus seperti apa sih? Ingin punya usaha tapi bingung mencari yang baik? KAMI SIAP MEMBANTU ANDA. Memang terkadang terlalu banyak aspek harus dipikirkan dalam membeli rak minimarket. Apalagi biaya investasi sampai jutaan rupiah untuk pengadaannya. MURAH TIDAK MUTLAK, KUALITAS JUGA PENTING. Teliti sebelum membeli adalah kuncinya. Untuk membantu Anda memilih, berikut tips yang perlu Anda ketahui.

Rak Minimarket Gondola Test Beban Tipe 2 45kg

Rak Minimarket Gondola Test Beban Tipe 2 45kg

Rak Minimarket Gondola Test Beban Tipe 1 60kg

Rak Minimarket Gondola Test Beban Tipe 1 60kg

1. Bahan Tebal Belum Tentu Kualitas Baik

Rak minimarket yang TEBAL BELUM TENTU BAIK. Memang biasanya pembeli senang jika melihat barang yang tebal, karena asumsi tebal = baik. Sepertinya memang pembeli sukanya yang terlihat tebal tebal dan mantab. Namun kenyataannya tidak seperti itu. Banyak faktor lain yang menentukan kualitas, seperti jenis konstruksi dan jenis material besi yang digunakan. Jangan tertipu oleh tebal karena cat powder coatingnya saja yang tebal, padahal besinya tipis.

2. Material Besi Yang Baik

Untuk rak minimarket/gudang, material yang baik adalah jenis baja Cold Rollded Steel (Plat Baja Besi Putih). Mengapa Cold Rolled Steel? Karena: LEBIH KOKOH, LEBIH HALUS Finishingnya, dan LEBIH RINGAN. Oleh karena itu sekali lagi, TEBAL BELUM TENTU BAIK. Dalam memilih jangan terpesona dengan bahan yang terlihat tebal saja, karena dibalik ketebalan itu belum tentu material yang digunakan lebih baik. Atau mungkin tebal karena cat powder coatingnya saja yang tebal.

3. Konstruksi Profile Tiang

Selanjutnya dalam memilih lihat profile tiangnya. Ketebalan dan jenis material (cold rolled steel) tentu berpengaruh pada kekuatan. Namun profile tiang juga penting.Profile itu apa sih? Profile adalah lekukan lekukan pada tiang. Juga lekukan lekukan pada siku/bracket.Untuk tebal tiang yang banyak dijual di pasaran adalah 1.8mm – 2.0mm. Untuk ketebalan yang sama jika tiang berprofile maka akan lebih kuat dan kokoh terhadap ketahanan beban. Secara proses produksi tentunya membutuhan usaha lebih untuk membuat profile. Hasilnya adalah tiang yang lebih berkualitas.

Rak Minimarket Komponen Tiang Ram Shelving

Rak Minimarket Komponen Tiang Ram Shelving

Rak Minimarket Komponen Tiang dan Ram

Rak Minimarket Komponen Tiang dan Ram

 
Rak Minimarket Komponen Rak Berbingkai Kuat Ditarik

Rak Minimarket Komponen Rak Berbingkai Kuat Ditarik

 
 

4. Konstruksi Profile Siku/Bracket

Sama seperti tiang berprofile. Siku/Bracket yang berprofile lebih tidak mudah bengkok saat menopang beban berat.

Rak Minimarket Komponen Siku Ber-ProfileRak Minimarket Komponen Siku Ber-ProfileRak Minimarket Komponen Siku Ber-Profile

Rak Minimarket Komponen Siku Ber-Profile

5. Bingkai Wiremesh – Backpanel

Back Panel umumnya menggunakan wiremesh (ram kawat) sebagai backpanelnya. Fungsi backpanel adalah sebagai pemisah pada rak double. Mencegah supaya barang tidak mudah jatuh. Sebagai gantungan barang. Namun, fungsi paling penting dari wiremesh backpanel adalah untuk menunjang konstruksi kekuatan secara keseluruhan. Rak Minimarket yang baik menggunakan wiremesh ram kawat BERBINGKAI FULL sebagai backpanel yang dikonstruksikan mendukung kekuatan tiang (lihat foto).

Rak Minimarket Komponen Wiremesh Ram Ber-Bingkai

Rak Minimarket Komponen Wiremesh Ram Ber-Bingkai

Rak Minimarket Komponen Ram Backpanel Berbingkai

Rak Minimarket Komponen Ram Backpanel Berbingkai

Sehingga menambah kekuatan secara keseluruhan. Apalagi jika wiremesh ram kawat digunakan untuk menggantung barang barang pajangan.

6. Konstruksi Knock-Down

Konstruksi rak minimarket knockdown dapat dirangkai di tempat. Sehingga mempermudah dalam proses transportasi dan bongkar pasang. Biaya transportasi pun jadi lebih murah. Kerusakan pada saat transportasi minimal. Komponen dikirim dalam bentuk lepas terpacking rapi dan dirangkai di lokasi toko.

7. Finishing Powder Coating

Rak minimarket dengan finishing powder coating lebih halus dan lebih awet. Powder coating beda dengan cat biasa ataupun cat semprot duco. Proses cat powder coating melalui berbagai proses. Salah satunya pemanasan sampai suhu 200 °C untuk mendapatkan lapisan coating yang keras.

8. Kapasitas Beban Shelving/Ambalan

Pilihlah rak minimarket dengan kapasitas beban yang sesuai dengan kebutuhan. Umumnya toko swalayan cocok menggunakan kapasitas 30kg-50kg per shelving. Cara menyusun barang pajangan juga jangan sampai kelebihan beban. Tujuannya agar lebih aman untuk pembeli. Disamping itu juga agar lebih awet raknya. Jangan sampai tertipu oleh spesifikasi beban rak yang dilebih-lebihkan oleh penjual. Rak kapasitas 30kg mungkin dapat menampung beban sampai 50kg. Namun untuk pemakaian jangka panjang tidak aman. Banyak iklan yg menjual dengan kapasitas lebih dari spesifikasi seharusnya supaya terlihat kuat. Jadi pastikan anda lihat produknya disini RAK MINIMARKET TIPE 2 atau RAK MINIMARKET TIPE 1 Atau baca cara memilih rak yang baik disini CARA MEMILIH RAK MINIMARKET

Rak Minimarket Gondola Test Beban Tipe 2 45kg

Rak Minimarket Gondola Test Beban Tipe 2 45kg

Rak Minimarket Gondola Test Beban Tipe 1 60kg

Rak Minimarket Gondola Test Beban Tipe 1 60kg

Yang pasti hemat WAKTU, hemat UANG, dan hemat TENAGA anda.

Jadi pastikan anda lihat produknya disini –>

TIpe 2 –> RAK MINIMARKET TIPE 2

TIPE 1 –> RAK MINIMARKET TIPE 1

Atau baca cara memilih rak yang baik disini –> CARA MEMILIH RAK MINIMARKET

Artikel oleh MITRA GEMILANG